2/06/2009

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sibolga Ikuti Petrasu Di Tapsel

Sibolga, (5/2)

Kontingen kwatir cabang gerakan pramuka kota Sibolga yang akan mengikuti kegiatan pengembangan tradisional tingkat Sumatera Utara (Petrasu) tahun 2009 di kabupaten Tapanuli selatan dilepas oleh Wakil walikota Sibolga H Afifi Lubis SH di lapangan apel depan kantor Walikota, Kamis (5/2).

Kontingen kwartir cabang gerakan pramuka kota Sibolga yang berjumlah 40 orang akan berkompetisi dengan seluruh kwartir cabang se-sumatera utara untuk menjadi terbaik pada kegiatan Petrasu tersebut. Dimana para peserta akan berjalan (Pengembaraan) dari Pondok pesantren Al-Abrar kecamatan Angkola Selatan sampai ke Danau Siais kecamatan Angkola Barat dengan menempuh jarak 32 Km.

Dalam sambutan Wakil walikota Sibolga H Afifi Lubis SH mengatakan, kegiatan pengembaraan tradisional tingkat Sumut (Petrasu) ini merupakan kegiatan pelatihan bertahan hidup seperti halnya istilah...
Surviver di kemiliteran, yakni bagaimana dapat bertahan hidup di alam bebas.

“Harapan kami dengan mengikuti kegiatan Petrasu ini adek-adek kami dapat mengetahui sejarah bangsa Indonesia yang dulunya dipimpin Jenderal Sudirman yang melakukan napaktilas panjang untuk dapat bertahan hidup di alam bebas dengan melalui berbagai rintangan,” katanya.

Diharapkannya, dengan adanya kegiatan Petrasu ini dapat menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme kepada adek-adek pramuka dan dapat menikmati keindahan alam Indonesia. Dan berharap peserta kontingen dapat menjaga kekompakan, saling mendukung dan jangan lupa jaga nama baik kota Sibolga, karena anda adalah orang-orang yang terpilih. Dan yang lebih penting jaga akhlak pada saat mengikuti kompetisi.

“Pada hari ini kita akan melepas kontingen dari Sibolga dan mudah-mudahan dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi dengan merebut juara pada kompetisi tersebut, seperti rekan-rekan kalian terdahulu yang telah merebut prestasi yang membanggakan pada tahun yang lalu. Dan mudah-mudahan pada saat berangkat ini dalam keadaan sehat dan pulangnya nanti tetap sehat serta membawa prestasi juara,” tukasnya sembari mengatakan menitipkan pada peserta kepada pembina yang mendampingi.

Sebelumnya dalam laporan pimpinan kontingen Ahmad Sofyan Tambunan SE yang juga ketua dewan kerja gerakan pramuka Sibolga mengatakan, bahwa pada kompetisi Petrasu yang dilaksanakan pada tahun 2006, kwartir cabang gerakan pramuka Sibolga meraih jura umum pada kegiatan tersebut.

“Kegiatan petrasu ini sebagai wahana mutu meningkatkan keterampilan dan kemampuan serta mutu asi untuk dapat bertahan hidup di alam bebas dan untuk memberikan pemahaman cara hidup di alam bebas. Dimana kontingen terdiri dari Putri 10 orang, Putra 20 orang, pendamping 4 orang, pinkon 2 orang dan staf kwartir 4 orang dengan jumlah keseluruhan 40 orang,” sebutnya.

Amatan Ogek Dedy pada acara pelepasan kontingen untuk mengikuti Petrasu turut dihadiri ketua kwariti cabang gerakan pramuka Sibolga Nurdin Z dan pengurus, serta unsur muspida plus. Usai upacara pelepasan, selanjutnya wakil walikota Sibolga dan muspida plus menyalami peserta.

Sementara itu, Nurdin Z selaku ketua Kwartir cabang gerakan pramuka Sibolga saat dijumpai Wartawan mengatakan, bahwa kontingen kota Sibolga yang diberangkat diharapkan dapat mempertahankan prestasi yang pernah diraih pada kompetisi terdahulu.

“Saya harap, kontingen Sibolga yang terdiri dari orang-orang yang telah diseleksi ini dan merupakan pasukan pengibar bendera pada tahun 2008 lalu, dapat pulang dengan membawa prestasi yang membanggakan,” harapnya. (dib)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga