3/03/2009

5 Pintu Rumah Hangus Terbakar, 7 KK Kehilangan Tempat Tinggal

Sibolga, (Ogek Dedy)

5 pintu rumah kontrakan milik Hanna Br. Sianipar (84) alias Oppung Roni yang terletak di Jalan Mahoni Arah Laut No.85 A, B, C, D dan E Kelurahan Pancuran Dewa, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga yang dihuni 7 Kepala Keluarga (KK) hangus terbakar, Selasa (3/3) sekira pukul 02.15 WIB dini hari.

3 Mobil Pemadam Kebakaran Dinas Pekerjaan Umum Kota Sibolga dikerahkan untuk memadamkan api yang sedang berkobar. Menurut Pengakuan dari Kepala Kelurahan Pancuran Dewa, Hermanto Hutagalung, SE menjelaskan bahwa ada satu tempat tinggal yang sengaja dibongkar untuk menghindari merembesnya api ke rumah-rumah penduduk di sekitar lokasi kebakaran.

“Kita korbankan satu rumah, agar jangan merembes ke semua rumah,” ungkap Hermanto Hutagalung sembari mengatakan bahwa proses penyelidikan sumber malapetaka yang mengakibatkan...

7 Kepala Keluarga terpaksa harus kehilangan tempat tinggalnya itu masih dalam tahap penyelidikan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun kerugian diperkirakan mencapai Rp.100 Juta.

Informasi yang dihimpun Ogek Dedy dilapangan dari salah seorang korban Yonius Telaumbanua (40), mengaku tidak mengetahui persis asal muasal api yang jelas, “Ketika api telah berkobar, kami sedang tertidur pulas, tak lama kemudian, barulah kami sadar bahwa rumah kami sudah terbakar dan keluarlah kami,” jelas Yonius

Dikatakannya bahwa peristiwa kebakaran yang telah meluluhlantakkan Rumah Tempat Tinggal mereka itu telah menghanguskan semua peralatan dan harta benda yang mereka miliki dan tidak ada lagi yang tersisa.

Yonius berharap kepada semua pihak, siapapun itu kiranya dapat memberikan bantuan guna meringankan beban derita yang telah mereka alami. “Saya berharap, kalau ada yang mau membantu, bantulah kami,” ujar Yonius bernada pilu.

Amatan Ogek Dedy, 5 Pintu Rumah yang sebahagian besar berbahan kayu itu kini tinggal puing. Padalal menurut pengakuan dari Hanna Br. Sianipar rumah yang selama ini dikontrakkannya tersebut telah berdiri sekitar 25 Tahun.

Adapun tujuh Kepala Keluarga Korban Peristiwa Kebakaran yakni atas nama : Yonius Telaumbanua (40), Yuslin Lase (24), Tulo Hulu (40), Hakhudodo Lase (35), Haogo Telaumbanua (30), Asa Aro Hulu (25), Muliadi Lase (46).

Guna meringankan beban penderitaan para korban kebakaran, Wakil Walikota Sibolga, H. Afifi Lubis, SH atas nama Pemerintah Kota Sibolga menyerahkan bantuan berupa satu karung beras berat 30 KG dan 2 kotak mie instant untuk tiap –tiap Kepala Keluarga Korban Kebakaran.

Wakil Walikota Sibolga, H. Afifi Lubis, SH berharap agar peristiwa tersebut tidak melemahkan semangat para korban, larut dalam kesedihan dan menghimbau agar masyarakat dapat lebih waspada dan mengambil pelajaran dari kejadian tersebut sehingga kejadian seperti itu tidak terulang kembali dimasa yang akan datang.
“Tolong diperhatikan Rangkaian Listrik, Kompor, Macis, Korek Api untuk menghindari kebakaran,” kata H. Afifi Lubis, SH.

Dalam kesempatan yang sama, guna meringankan derita para korban kebakaran, salah seorang Anggota DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumory, juga turut memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp.500 ribu dan 2 karung pakaian selain dari pada bantuan para warga Lingkungan IV Kelurahan Pancuran Dewa sebesar Rp. 550 ribu.

Mukhlis Gea selaku perwakilan para warga korban Kebakaran yang juga merupakan Ketua DPC Himpunan Masyarakat Nias (Himni) Sibolga menyampaikan terima kasih atas segala bantuan dan pertolongan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kota Sibolga, Danramil, Kapolsek Sambas serta Warga Lingkungan IV Kelurahan Pancuran Dewa serta semua pihak yang telah turut serta dalam menyelamatkan para keluarga dari amukan sijago merah.(dib)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga