3/30/2009

Depkominfo RI Jaring Pendapat tentang RPP KIP di Sibolga

Sibolga, (Ogek Dedy)

Departemen Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Depkominfo RI) memilih Sibolga sebagai salah satu Daerah Di Indonesia untuk memberi Pendapat terhadap Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Keterbukaan Infomasi Publik melalui sebuah Forum Jaring Pendapat Penyusunan RPP tentang Keterbukaan Informasi Publik yang dipanitiai oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Sibolga di Ruang Pertemuan Hotel Wisata Indah Sibolga, Jum’at (27/3).

Wakil Walikota Sibolga, H Afifi Lubis SH dalam sambutannya mengatakan bahwa Keterbukaan Informasi Publik merupakan sinergi antara Pemerintah dan Rakyat...
dalam proses penyelenggaraan Pemerintahan serta pondasi dalam membangun tata pemerintahan yang baik, transparan, terbuka dan partisipatoris dalam seluruh proses pengelolaan kenegaraan.

Berdasarkan amatan Ogek Dedy bahwa para peserta forum jaring pendapat begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut karena forum yang diadakan membahas hal-hal yang bersifat sangat strategis. Forum membicarakan hal-hal yang memungkinkan masyarakat memperoleh akses terhadap informasi yang dimiliki oleh Badan Publik serta menetapkan secara detail tentang klasifikasi informasi yang dikecualikan, jangka waktu pengecualian serta bentuk bentuk detail informasi yang dikecualikan.

Terkait beberapa pengecualian tersebut, H. Afifi Lubis menegaskan bahwa itu perlu bagi seorang pejabat publik. “Pejabat Publik memiliki kebijakan yang merupakan tugas dan tanggungjawabnya, dengan kata lain pejabat publik perlu diberikan ruang gerak dan kesempatan untuk melaksanakan kebijakannya sebagai bentuk pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan,” pungkas H. Afifi Lubis.

H. Afifi Lubis mengaku salut pada Depkominfo RI yang melakukan kegiatan jaring pendapat dalam rangka penyusunan RPP tentang Keterbukaan Informasi Publik.”Seumur-umur, seingat saya selama kurang lebih dua puluh tahun saya bertugas, baru kali ini saya tau ada kegiatan jaring pendapat dalam rangka Penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Keterbukaan Informasi Publik,”ujar H. Afifi Lubis

H. Afifi Lubis mengucapkan terima kasih kepada Depkominfo RI yang telah memilih Sibolga sebagai salah satu Daerah di Indonesia dalam rangka Jaring Pendapat tentang RPP Keterbukaan Informasi Publik serta berharap nantinya berbagai pendapat dari Kota Sibolga dapat mewarnai Peraturan Pemerintah tentang Keterbukaan Informasi Publik dan mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebelumnya, Sekretaris Direktur Jendral Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (Sekretaris Dirjen SKDI), Syukri Batubara mengatakan bahwa alasan dipilihnya Kota Sibolga sebagai salah satu Daerah guna menjaring Pendapat dalam rangka penyusunan RPP tentang Keterbukaan Informasi Publik adalah karena Depkominfo RI melihat bahwa Kota Sibolga sangat kondusif, masyarakatnya ramah dan suka bicara secara terbuka.”Kita melihat suasana kota ini sangat kondusif, masyarakatnya ramah dan orangnya suka bicara terang-terangan dan terbuka,”ungkap Syukri Batubara

Hadir dalam Forum Jaring Pendapat, Direktur Jendral Sarana Komunikasi dan Desiminasi Departemen Komunikasi dan Informatika RI (Dirjen SKDI Depkominfo RI), Fredy F. Tulung beserta rombongan, unsur Muspida se-Kota Sibolga, Kepala SKPD, LSM, KNPI, Wartawan Media Cetak maupun Elektronik dan para peserta forum lainnya.(dib)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga