6/03/2009

Anggota DPRD Tapteng “Malas” ke Kantor

Sibolga, (Ogek Dedy)

Menjelang dan setelah digelarnya Pemilu Legislatif 9 April 2009 lalu hingga saat ini, agenda dan kegiatan di DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab Tapteng) kosong. Ironisnya, dari 29 orang Dewan, hanya 4 yang sering masuk kantor, selebihnya “Malas” dan disinyalir para bapak rakyat itu sibuk dengan urusan pribadi dan partainya.

“Saya sangat menyesalkan ulah para Dewan Tapteng ini, karena beberapakali saya datang kekantor rakyat ini selalu kosong. Seperti hari ini, hanya 2 orang anggota Dewan yang ngator itu pun hanya sebentar, jangan karena tidak ada agenda yang akan dibahas malah tidak masuk kantor, ini namanya bapak rakyat “Malas” kerja,” ungkap N Hutapea (43) dan Rudi (25) kepada Wartawan saat dikantor DPRD Tapteng, Kota Pandan, Jum’at (22/5) lalu.

Sesuai pengamatannya,...

sejak dimulainya Pemilu Legislatif 9 April lalu hingga saat ini, agenda dari DPRD Tapteng tak ada yang dikerjakan. Dalam 2 bulan terakhir ini, sejumlah agenda yang akan dikerjakan Dewan belum juga dimulai.

“Padahal, diperkirakan masih banyak agenda di DPRD Tapteng yang seharusnya dikerjakan, seperti sejumlah permasalahan rakyat Tapteng yang belum tuntas dilaksanakan yakni masalah Nauli Sawit, Perda dan sejumlah kegiatan lain, namun para baka rakyat ini sudah malas masuk kantor,”ujar Hutapea yang mengaku berprofesi sebagai Jurnalis di Tapteng dan Sibolga ini.

Senada dengan itu, Rudi (25) warga kelurahan Sarudik, Tapteng juga sangat menyayangkan kosongnya agenda yang harus dikerjakan para wakil rakyat di Tapteng itu.

”Walaupun mereka mengurusi tentang sejumlah permasalahan Pemilu dan masalah pribadi lainnya, namun sebaiknya fungsinya sebagai anggota DPRD juga harus di laksanakan. Misalnya, tentang kehadirannya di kantor DPRD ini, mana tau ada warga yang akan menyampaikan aspirasinya,” ujar Rudi yang mengaku ingin menyampaikan aspirasinya kepada beberapa orang anggota DPRD Tapteng.

Sekretaris DPRD Tapteng, S Siregar saat dikonfirmasi dikantornya mengakui bahwa sejak Pemilu Legislatif hingga saat ini, agenda dan kegiatan di DPRD Tapteng kosong.

”Sampai saat ini, kegiatan anggota DPRD Tapteng kosong dan belum ada yang akan dibahas. Karena kita ketahui, para anggota DPRD masih sibuk mengurus hasil Pemilu lalu dan kebanyakan para anggota DPRD itu sedang berada di luar kota. Ada di Medan, Jakarta dan kota lainnya,”ungkap Siregar sembari mengaku beberapa orang anggota DPRD Tapteng masih ada rajin masuk kantor termasuk Ketua DPRD Tapteng.

Sementara itu, Ketua DPRD Tapteng, H Maratua Siregar saat dikonfirmasi menampik pernyataan warga yang menuding DPRD Tapteng “Malas” masuk kantor, namun ia mengaku bahwa agenda di DPRD masih kosong.

”Sebenarnya, kami telah meminta kepada Eksekutif (Pemkab Tapteng) segera membahwas tentang Rancangan Peraturan Daerah tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tapteng tahun 2008. Namun hingga saat ini, setelah 2 kali kami ajukan surat kepada Pamkab Tapteng, mereka mengaku belum bersedia untuk mengajukannya,”katanya.

Setelah menyurati Pemkab Tapteng, lanjutnya, tanggal 19 Maret lalu, ada jawaban surat dari Wakil Bupati Tapteng yang menyatakan bahwa pihaknya belum bersedia menyampaikan LKPJ tahun 2008, karena masih dalam proses pengauditan dari BPK RI.

“Sebenarnya kalau ada agenda yang akan kita kerjakan, rekan - rekan di DPRD Tapteng ini rajin datang dan akan segera mengerjakannya. Namun karena belum ada agenda yang jelas, maka kemungkinan ada rekan yang datang sebentar, lalu pergi ke luar kantor lagi,”tukasnya.(dib/tm)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga