6/29/2009

Daya Tampung PSB SMA Sederajat di Sibolga Capai 3.100 orang

Sibolga, (Ogek Dedy)

Tahun ini, daya tampung penerimaan siswa baru (PSB) untuk SMA sederajat di Kota Sibolga mencapai 3.100 orang meliputi, SMA/MA Negeri dan Swasta sebanyak 1.830 orang dan SMK Negeri dan Swasta sebanyak 1.270 orang. Sementara untuk SMP/MTs Negeri dan Swasta sebanyak 2.772 orang dan SD/MI Negeri dan Swasta diperkirakan mencapai 3.800-an orang.

“Kapasitas atau daya tampung PSB tahun pelajaran (TP) 2009/2010 ini hampir sama dengan posisi tahun pelajaran sebelumnya, karena...
pertimbangan fasilitas, jumlah tenaga pengajar maupun ruangan belajar yang tersedia di masing - masing sekolah yang ada di Kota Sibolga. Di mana pendaftaran siswa baru dimulai sejak, Senin (29/4) hingga Sabtu (4/7) mendatang,” ungkap Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Nasional (Diknas) Sibolga, Rustam Manalu kepada Wartawan di ruangkerjanya, Senin (29/6).

Rinciannya, sebut Rustam, daya tampung untuk SMA Negeri 1 (300 orang), SMA Negeri 2 (300 orang), SMA Negeri 3 (260 orang), Madrasah Aliyah Negeri (MAN) sebanyak 160 orang, SMA Swasta sebanyak 610 orang dan MA Swasta sebanyak 200 orang.

Sementara untuk SMK Negeri 1 Bisnis Manajemen (BM) yang beralamat di Jalan FL Tobing, siswa yang bakal diterima sebanyak 216 orang untuk empat jurusan di antaranya, jurusan Akuntansi (72 orang), Administrasi Perkantoran (72 orang), Penjualan (36 orang), Tehnik Komputer Jaringan (36 orang).

“Untuk SMK Negeri 1 Teknologi dan Industri (TI) Sibolga - Tapteng di Tukka Kabupaten Tanuli Tengah (Tapteng), totalnya mencapai 360 orang untuk enam jurusan di antaranya, jurusan Tehnik Listrik, Nautika dan Penangkapan Ikan, Budidaya Perikanan, serta Tehnologi Penangkapan Ikan masing-masing 36 orang, jurusan Tehnik Mesin (144 orang), Tehnik Bangunan (72 orang).

Untuk SMK Negeri 2 di jalan Dolok Martimbang Sibolga, lanjutnya, total diterima 144 orang untuk empat jurusan meliputi, jurusan Tehnik Konstruksi Batu dan Beton, Tehnik Listrik, Tata Boga, serta Tata Busana masing - masing sebanyak 36 orang,” sebut Rustam didampingi kabid Dikjar, Porman Bakara dan Kasi Kurikulum, Milson Pane.

Selanjutnya, untuk tingkat SMP, daya tampung yang paling banyak diterima di SMP Negeri 1 mencapai 306 orang dengan 8 rombongan belajar. Sedangkan di SMP Negeri 2 tercatat paling sedikit sebanyak 140 orang, SMP Negeri 3 (194 orang), SMP Negeri 4 (108 orang), SMP Negeri 5 (280 orang), SMP Negeri 6 (160 orang), SMP Negeri 7 (160 orang), dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri sebanyak 240 orang.

Sementara untuk tingkat SD/MI Negeri dan Swasta yang totalnya mencapai 60 sekolah, siswa yang bakal diterima jumlahnya diperkirakan sebanyak 3.800-an orang.
Ditegaskannya, keputusan penerimaan siswa baru itu didasarkan hasil rangking jumlah nilai hasil Ujian Nasional (UN) berdasarkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) Siswa yang dilakukan secara terbuka.

”Maksudnya, setiap harinya pihak sekolah mengumumkan melalui papan publikasi, berapa jumlah siswa yang telah mendaftar di sekolah itu dilengkapi jumlah nilai UN tertinggi dan terendah. Sehingga, seluruh masyarakat mengetahui informasi apakah anaknya diterima atau tidak,” sebut Rustam Manalu dan ketua panitia PSB, Porman Bakara.

Dalam kesempatan yang sama, Rustam juga menjelaskan, pengumuman PSB gelombang pertama di seluruh tingkatan sekolah TK, SD, SMP, SMA dan SMK di Sibolga itu dilakukan usai pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) yakni pada, Kamis (9/7) mendatang dan pendaftaran ulang dilaksanakan, Jumat (10/7) hingga Sabtu (11/7).

“Sedangkan untuk gelombang kedua juga dilaksanakan, Kamis (9/7) dan diumumkan, Jumat (10/7) serta pendaftaran ulang dilaksanakan pada Sabtu (11/7). Hal itu dilakukan agar tidak mengganggu proses Pilpres yang berlangsung pada tanggal 7 Juli 2009 nantinya,” tandas Rustam seraya mengimbau agar seluruh orang tua siswa untuk tidak terpancing dengan ajakan oknum - oknum tertentu yang sengaja mengambil kesempatan dalam proses PSB itu dengan menjanjikan iming - iming dapat meloloskan anaknya masuk di salah satu sekolah dan meminta sejumlah uang.(dib/tm)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga