6/08/2009

Ribuan Warga Sambut Adipura ke-5 di Sibolga

Sibolga, (Ogek Dedy)

Sebagai bentuk kesukacitaan yang begitu tinggi terhadap perolehan Piala Adipura untuk yang kesekian kalinya, Ribuan Warga Kota Sibolga berbondong-bondong hadir guna menyaksikan dan menyambut kedatangan Piala Adipura di Lapangan Simare-Mare Sibolga, Senin (8/6)

Piala Adipura yang diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia, Dr. Susdilo Bambang Yudhoyono kepada Pemerintah Kota Sibolga melalui Wakil Walikota Sibolga, H. Afifi Lubis, SH di Istana Negara Jakarta pada 5 Juni 2009 lalu tersebut merupakan...piala Adipura yang ke-5 yang diantaranya merupakan penghargaan yang tiga kali secara berturut turut diperoleh Pemko Sibolga sejak Tahun 2007.

Wakil Walikota Sibolga, H. Afifi Lubis, SH dalam sambutannya mengatakan bahwa keberhasilan perolehan Piala Adipura merupakan keberhasilan segenap lapisan masyarakat Kota Sibolga serta didukung oleh keberadaan Petugas Kebersihan (Pasukan Kuning) yang walaupun keberadaannya kerap dipandang sebelah mata namun merupakan barisan terdepan untuk memberhasilkan Kota Sibolga dalam meraih lima kali anugerah Piala Adipura.

“ Penghargaan ini tidaklah kita peroleh dengan mudah, akan tetapi adalah sebagai bukti nyata atas keberhasilan kerja keras dan perjuangan kita seluruh komponen serta berkat doa seluruh warga masyarakat Kota Sibolga,” ungkap H. Afifi Lubis sembari menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Sibolga.


Meskipun demikian, lanjutnya, perolehan Piala Adipura juga memiliki Konsekuensi yang menuntut seluruh lapisan masyarakat guna lebih proaktif dalam menangani permasalahan kebersihan dan penataan lingkungan. Sebab, menurutnya, penghargaan Adipura bukanlah akhir dari apa yang seluruh lapisan masyarakat Kota Sibolga cita-citakan.
“Disatu sisi Piala Adipura ini memberikan kebanggaan bagi kita semua, tetapi disisi lain kita harus mampu mempertahankan bahkan meningkatkannya, sehingga penghargaan ini benar-benar bermakna dan bukan sekedar penghargaan sesaat,” jelasnya sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat Kota Sibolga untuk menjadikan kebersihan lingkungan sebagai sebuah kebutuhan.

Pada kesempatan tersebut, H. Afifi Lubis berharap agar semua pihak menjadikan penghargaan Adipura sebagai modal awal menciptakan kondisi Kota yang lebih bersih, sejuk dan hijau hingga penghargaan Adipura selalu melekat bagi Kota Sibolga dan menghimbau agar semua pihak Instansi, Sekolah, Para Pedagang, Pedagang Kaki Lima, dan Penghuni Rumah yang ada di Kota Sibolga untuk ikut menjaga kebersihan serta menciptakan keteduhan di lingkungannya masing-masing.

Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Yusran Pasaribu dalam sambutannya mengajak Masyarakat Kota Sibolga untuk dapat mendukung dalam mempertahankan perolehan Piala Adipura hingga di tahun-tahun yang akan datang serta mengajak Pemko Sibolga untuk dapat mencermati dan mengusulkan agar Kota Sibolga dapat mencontoh konsep dibeberapa daerah di Indonesia yang telah berusaha mendaur ulang sampah sehingga dapat menjadi income dalam bentuk Pendapatan Asli Daerah untuk memacu Pembangunan Kota Sibolga.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebersihan, Penataan Ruang dan Pertamanan (KPRP) Kota Sibolga, Ir. Tumbur MT Harahap dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan Adipura merupakan program dari Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia yang memiliki visi pembangunan berkelanjutan. Dalam hal ini, lanjutnya, Dinas Kebersihan, Penataan Ruang dan Pertamanan (KPRP) Kota Sibolga telah melakukan berbagai pembenahan yang secara rutin dilakukan setiap tahunnya.

“Berbagai pembenahan tersebut diantaranya, pembuatan taman-taman Kota, pemasangan pot dan tempat sampah disejumlah kawasan Kota terutama di kawasan Aliran Sungai,” ungkapnya selain melakukan penghimbauan kepada Masyarakat melalui papan reklame, running text (teks berjalan) untuk tidak membuang sampah sembarangan serta tetap komit terhadap peningkatan K3 (Kebersihan, Ketertiban dan Keindahan) selain penciptaan hutan kota dan penambahan armada pengangkut sampah dan lain-lain.

Selanjutnya, Piala Adipura di arak keliling Kota Sibolga oleh Seluruh Petugas Kebersihan se-Kota Sibolga, berikut rombongan Sepeda Ontel, Sibolga Gaeck Becycle Club (SGBC), seluruh Kelompok Etnis yang ada di Kota Sibolga dari Lapangan Simare-mare melewati Jalan Ade Irma Suryani, Sibolga Julu, DI Panjaitan, SM Raja, Jalan Damai, Jalan Merpati, Jalan Mojopahit, Sudirman, S. Parman, Anggrek, Ketapang, Pintu Angin, Oswald Siahaan dan finish di Depan Kantor Walikota Sibolga, Jl. Dr. Sutomo Sibolga.

Turut Hadir, Unsur Muspida Plus Kota Sibolga, Kepala SKPD se-Kota Sibolga, Ketua TP PKK, Dharma Wanita Persatuan, Gabungan Organisasi Wanita dan OKP, Tokoh Agama, Adat, Generasi Muda Kota Sibolga, pada Petugas Kebersihan se-Kota Sibolga, Para Siswa, Guru serta Ribuan Masyarakat Kota Sibolga.(dib)

1 komentar:

Nova Siregar, SS mengatakan...

wah wah hebat hebat buat Kota Sibolga.
Selamat ya untuk penghargaan Piala Adipura yang telah diperoleh 5 kali.
Semoga bisa dapat lagi ya........

Posting Komentar

Berita Sibolga