7/27/2009

2 Hotel Berbintang di Tapteng Tertangkap Basah Belum Miliki Kamera CCTV

Sibolga, (Ogek Dedy)

Dalam mengantisipasi terjadinya aksi teror bom di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) yang juga merupakan kebijakan dari Mabes Polri. Polisi Resort (Polres) Tapteng melakukan pengecekan sistem pengamanan di setiap Hotel dan Bank diwilayah hukumnya selama dua hari, mulai Jumat (24/7) kemarin hingga Sabtu (25/7) kemarin.

Kapolres Tapteng, AKBP Reynhard SP Silitonga melalui Kabag Bina Mitra yang juga Perwira Penghubung (Pabung), Kompol Muchsin kepada Wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (25/7) mengatakan, bahwa dari dua hotel berbintang yang ada di Kabupaten Tapteng, belum memiliki CCTV.

“Setelah kita mencek...
sistem keamanan terhadap 2 hotel berbintang yang ada di Kabupaten Tapteng, yakni Hotel Bumi Asih Pandan dan Hotel Puncak GM Panggabean di Bonandolok Kecamatan Sitahuis, belum memiliki CCTV. Selanjutnya, kita dari Polres Tapteng mengimbau pihak hotel secara lisan maupun tulisan untuk memasang CCTV di tempat - tempat strategis, seperti pelataran parkir, receptionis dan lorong - lorong Hotel untuk lebih meningkatkan sistem kemanan Hotel,”jelasnya.

Menurutnya, pengecekan sistem keamanan yang dilakukan pihak Polres Tapteng terhadap sejumlah Hotel dan Bank yang ada di Tapteng merupakan, langkah - langkah mengantisipasi penyusupan teror bom. Di mana Kabupaten Tapteng merupakan salah satu tujuan wisata para turis dalam dan luar negeri.

“Sedangkan, untuk sistem kemanan Bank - Bank di Kabupaten Tapteng sudah cukup bagus dilengkapi CCTV yang diletakkan di ATM, Pelataran parkir dan Kasir Bank,”tutur Muchsin.

Dikatakan, wilayah Kabupaten Tapteng memang relatif aman, namun tidak tertutup kemungkinan penyusupan teror bom masuk daerah Tapteng, jika sistem keamanan di tempat keramaian seperti pasar, hotel dan Bank tidak bagus.

“Oleh karena itu, kita telah mengimbau setiap hotel memasang CCTV dan hal ini sudah direspon baik oleh pihak hotel berbintang yang ada di Kabupaten Tapteng. Selanjutnya, karena pengadaan CCTV di setiap Hotel masih tahap pengajuan, kita memberikan pengarahan kepada Sat PAM Hotel dan memberikan pengetahuan tentang cara mendeteksi penyusupan teror bom,” tukasnya. (dib/tm)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga