7/15/2009

SMA Negeri 2 Sibolga Buka Kelas Unggulan

Sibolga, (Ogek Dedy)

Tahun ini, SMA Negeri 2 kota Sibolga membuka satu rombongan belajar (rombel) kelas unggulan yang di seleksi dari Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun pelajaran 2009 - 2010.

“Dalam seleksi ini dijadwalkan berlangsung hari ini, Kamis (16/7) dan pihak sekolah hanya menerima 40 orang dari total 300 siswa baru yang diterima. Sementara para siswa kelas unggulan diseleksi melalui test tertulis akademis oleh tim guru dengan mengujikan lima mata pelajaran di antaranya, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika dan Biologi,” ungkap Kepala sekolah (kasek) SMA Negeri 2 Sibolga, Ngalemi Sembiring kepada Wartawan di ruang kerjanya, Rabu (15/7).

Dikatakan, setelah diurut berdasarkan hasil rangking, para siswa kemudian...
akan menjalani test lain yakni interview berupa test psikologi dan juga test kesamaptaan. Hasilnya, hanya 40 orang siswa yang diterima atau satu kelas.

“Pihak sekolah akan terus melakukan evaluasi peningkatan prestasi siswa yang nantinya duduk di kelas unggulan itu, kalau prestasinya melorot, maka peringkat siswa tersebut akan turun menjadi siswa biasa digantikan siswa biasa yang prestasinya bagus dan dinaikkan statusnya masuk di kelas unggulan,”ujar Ngalemi Sembiring.

Menurutnya, dibukanya kelas unggulan tersebut merupakan sebuah terobosan baru guna merangsang minat belajar para siswa agar bersungguh - sungguh, sehingga dapat menguasai seluruh mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Tujuannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Sibolga khususnya di SMA Negeri 2 sebagaimana program yang telah dicanangkan Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga dalam rangka menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Kita sangat berharap, dengan dibukanya kelas unggulan ini para siswa yang diterima nantinya mampu berkompetisi dengan siswa di sekolah lain untuk membawa nama harum sekolah baik di tingkat kota Sibolga maupun di tingkat nasional ke depan,” katanya seraya memastikan, tahun depan para siswa yang sudah memilih jurusan juga akan diseleksi kembali untuk masuk di kelas unggulan IPA dan kelas unggulan IPS.

Dia juga menuturkan, sekaitan dengan upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan tersebut, sejak tahun lalu pihaknya telah memberlakukan sebuah aturan bagi para siswa secara bergantian untuk berpidato dalam bahasa Inggris sebanyak dua kali dalam seminggu yang disampaikan melalui sebuah upacara bendera.(dib/tm)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga