1/29/2009

Suasana Imlek Di Sibolga, Atraksi Barongsai Hibur Warga Sibolga

Sibolga, (29/1)

Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Sibolga menggelar atraksi Barongsai di Kecamatan Sibolga Kota dan Sibolga Utara, Kamis (29/1). Kegiatan dilaksanakan guna menghibur warga Sibolga dalam suasana tahun baru Imlek Gong Xi Fa Cai 2560 khusus bagi etnis Tionghoa.

“Disaat masih suasana imlek, PSMTI Sibolga setiap tahun mengelar atraksi Barongsai dengan mengunjungi rumah-rumah warga etnis Tionghoa didaerah ini,” ujar salah seorang panitia, Bengho kepada wartawan Ogek Dedy, Kamis (29/1) diselah kegiatan atraksi Barongsai di Jalan Ahmad Yani Kota Sibolga.

Menurutnya, penampilan atraksi Barongsai Tahun 2009 ini untuk

yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh PSMTI Kota Sibolga. Terhitung sejak Tahun 2007 dan telah menjadikan agenda rutin tahunan yang mencakup dua item.

Dijelaskan item pertama pada hari Kamis (29/1) atraksi Barongsai digelar di dua Kecamatan meliputi Kecamatan Sibolga Kota dan Kecamatan Sibolga Utara. Sementara, untuk Kecamatan Sibolga Sambas dan Sibolga Selatan hari ini, Jumat (30/1) kembali dilakukan atraksi Barongsai. Ke-semua dana hasil atraksi Barongsai yang terkumpul tersebut, menurut Bengho, akan digunakan untuk kegiatan sosial membantu sesama warga yang kurang mampu.

“Atraksi Barongsai kerumah-rumah warga dipercaya oleh leluhur sebelumnya dapat mendatangkan berkah serta mengusir roh-roh jahat yang bersemayam dirumah dan lainnya. Di tahun kerbau ini juga diharapkan pertumbuhan ekonomi kota Sibolga lebih meningkat dibanding tahun sebelumnya serta masyarakat terhindar dari bala bencana,” tandasnya.

Ritual Sembahyang

Sebelum atraksi dimulai, seperti lazimnya seluruh personil Barongsai terlebih dulu melakukan ritual sembahyang di Vihara Avalokitesvara di Jalan S Parman. Usai acara tersebut, sejumlah personil Barongsai “bergerak” mengitari rumah dan toko-toko milik warga etnis tionghoa di Kota Sibolga.

Salah satu penampilan Barongsai yang cukup menarik simpati dan perhatian masyarakat Sibolga, ketika atraksi digelar di Jalan Ahmad Yani, ratusan warga sangat antusias menyaksikannya, dan atraksi mendapat pengawalan petugas kepolisian lalu lintas dibantu Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Pemko Sibolga.

Pantauan Wartawan Ogek Dedy, sambil berliuk dan melompat dengan cekatan Barongsai menyambar angpau yang sengaja digantung di depan Rumah Toko (Ruko) milik warga, hingga memasuki kawasan rumah warga tidak luput jadi perhatian dan sasaran Barongsai.
Selain itu, ada sejumlah pemilik Ruko dengan senang hati langsung memasukkan Angpau berwarna merah ke mulut Barongsai, sehingga menambah semaraknya atraksi.(dib)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga