1/26/2009

Wah!... Di Sibolga, Matahari Jadi Cincin

Sibolga, (26/1)

Matahari jadi cincin alias Gerhana Matahari Annulus, inilah yang akan terjadi dibelahan Bumi Indonesia tepatnya di Kota Pringsewu, Utara Kota Tanjung Karang, Propinsi Lampung. Gerhana matahari yang akan terjadi pada hari Senin, 26 Januari 2009 pukul 16.40 WIB (09.40 GMT) ini menurut catatan NASA merupakan seri Saros 131 yang ke-50.

Dari informasi yang berhasil reporter himpun dari berbagai situs bahwa Gerhana Matahari ini dinamakan juga dengan sebutan Gerhana Matahari Annulus. Gerhana Matahari Annulus merupakan peristiwa gerhana yang terjadi ketika cahaya matahari yang sampai ke bumi hanya mencapai sekitar 92% dari 100% sinar matahari yang dipancarkannya.

Gerhana Matahari kali ini diklaim sebagai...

gerhana matahari yang hanya melintasi satu negara saja di belahan bumi ini. Satu-Satunya negara tersebut adalah Indonesia.

Gerhana yang hanya berlangsung sekitar 6 menit 18 detik itu dapat anda nikmati secara leluasa dari sekitar Propinsi Lampung. Sementara Daerah-Daerah lain yang merupakan jalur gerhana adalah : Kota Bandar Lampung, Samarinda, Pontianak dan Palangkaraya. Sedangkan untuk Kota Sibolga sebagaimana berbagai sumber yang berhasil dihimpun oleh reporter bahwa Gerhana Annullus 2009 dapat kita saksikan dari Pantai Hanggar, dari bukit Tangga Seratus (depan Mini Plaza Aido) dan ruang-ruang terbuka lainnya di Kota Sibolga sekira pukul menjelang magrib tiba.

Dengan catatan jangan pernah melihatnya dengan mata telanjang sebab dapat mengakibatkan rusaknya retina pada mata. pakailah alat pengaman, misalnya kamera berfilter Dan lain sebagainya.(dib)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga