1/16/2009

Walikota Sibolga Tutup Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Sibolga Tahun 2008

Sibolga, (16/1)

“Kesalahan dalam penanganan kesehatan maupun keluarga dapat mempengaruhi fluktuasi pertumbuhan penduduk, jumlah penduduk yang semakin tinggi dan tidak terkendali akan dapat menambah beban Pemerintah, Masyarakat dan juga Keluarga, baik dalam hal pendidikan, kesehatan dan berbagai jenis pelayanan masyarakat lainnya”, Demikian sambutan Walikota Sibolga, Drs. Sahat P. Pang abean, MM pada acara...

penutupan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Sibolga Tahun 2008 sekaligus Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-36 Tahun 2008 yang dilaksanakan di Aula Perkantoran Pemerintah Kota Sibolga Jalan Dr. FL. Tobing No.44 Sibolga, Jum’at (16/1).

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Maeda Hutagalung, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga, Ny. Rumintang Uli Sahat P. Panggabean, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sibolga, Ny. Hj. Nelly Afifi Lubis, para Kepala SKPD, Pengurus Tim Penggerak PKK Tk.II, Kecamatan dan Kelurahan, Organisasi Wanita, LPM, Pimpinan Puskesmas, Kader KB, Kader Kesehatan, Kader PKK dan Kader-Kader Pembangunan Lainnya yang berjumlah berkisar 300-an para undangan se-Kota Sibolga.

Ternyata PKK semakin eksis ditengah-tengah usaha Pemerintah yang kian gencar dalam memberdayakan masyarakat. Hal ini terungkap dalam Sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Ny. Effi Mardiyanto yang dibacakan oleh Ny. Rumintang Uli Sahat P. Panggabean, “PKK pada tahun-tahun yang akan datang semakin dipercaya untuk ikut berkiprah dalam berbagai program dan kegiatan yang diluncurkan Pemerintah, seperti dalam program Nasional Pemberdayaan Masyarakat, yang salah satu diantaranya adalah program bantuan langsung bersyarat-Komunitas(BLB-Komunitas)”.

Selanjutnya Ketua Umum PKK juga menggarisbawahi bahwa kedepan PKK harus lebih mampu menciptakan bidang kegiatannya sendiri melalui 10 Program Pokok PKK serta menegaskan bahwa PKK hendaknya mempergunakan Rencana Program Lima Tahun sebagaimana kesepakatan Rakernas VI PKK Thaun 2005 untuk acuan dasar dalam pengembangan kegiatan-kegiatan PKK.

Dalam laporan Kepala Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan, Drs. Osman Maraden Barubara selaku Ketua Panitia Pelaksana Acara Penutupan tersebut menyatakan bahwa dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Sibolga Tahun 2008 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-36 Tahun 2008 telah dilaksanakan berbagai kegiatan seperti : Pengendalian Keluarga Berencana, Pembinaan Ketahanan Keluarga, Pembinaan Institusi Masyarakat, Pembinaan di bidang Kesehatan, dan melaksanakan kegiatan Bedah Rumah terhadap 4 rumah yang masing-masing 1 rumah ditiap kecamatan yakni satu di Kelurahan Angin Nauli Kecamatan Sibolga Utara, satu rumah di Kelurahan Pancuran Bambu Kecamatan Sibolga Sambas, satu rumah di Kelurahan Pasar Belakang Kecamatan Sibolga Kota dan satu rumah di Kelurahan Aek Muara Pinang Kecamatan Sibolga Selatan. “Kita jadikan kegiatan Bedah Rumah ini jadi contoh di Kota Sibolga”, tegas Walikota Sibolga.

Sebelum acara Pemukulan Gong sebagai pertanda ditutupnya Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini, para hadirin tampak antusias pengikutinya sebab berbagai Piala dan Penghargaan atas berbagai prestasi baik di Tingkat. Propinsi maupun di Tingkat. Nasional akan segera diumumkan. Piala dan Penghargaan atas berbagai prestasi yang telah dicapai Pemerintah Kota Sibolga khususnya Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan Kota Sibolga, Tim Penggerak PKK Kota Sibolga dan Istansi terkait lainnya di Tk. Propinsi bahkan di Tk. Nasional yang diantaranya diberikan secara khusus kepada a.n. Maharib Tua Harahap, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas sebagai Juara Pertama KB Lestari Teladan Terpilih Kategori 15 Tahun.

Dan akhirnya Walikota Sibolga berharap bahwa “dengan upaya yang kita laksanakan selama ini akan mendapat berkah dari Tuhan YME dan kita lebih banyak lagi berkarya di masa-masa yang akan datang”ucap Walikota sembari memukul gong sebagai symbol Penutupan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Sibolga.(dib)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga