4/27/2009

Andi Putra dari Sibolga Wakili Sumut Ikuti BPAP di Tingkat Nasional

Sibolga, (Ogek Dedy)

Andi Putra asal Kota Sibolga, berhasil lolos seleksi Bakti Pemuda Antar Propinsi (BPAP) Tingkat Propinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan nilai 391,5 pada rangking 5 dari 322 peserta. Dengan peringkat 5 tersebut, Andi Putra berhak mengikuti lomba Tingkat Nasional di Jakarta bersama 24 peserta yang lulus lainnya untuk mewakili propinsi Sumut.

“Kegiatan seleksi BPAP ini adalah program pertukaran pemuda - pemudi antar propinsi, di mana peserta yang lolos seleksi pada 4 April lalu, akan mengikuti...
pembekalan atau pelatihan di Medan pada tanggal 23 April sampai 29 April mendatang di Gedung BP – PNFI, Jalan Kenanga Raya Pasar VI No 64 Medan,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadis Budparpora) kota Sibolga, Marudut Situmorang didampingi Kabid Kepemudaan, Sabar Situmorang dan Andi Putra kepada Wartawan, di Kantor Dinas Budparpora Sibolga, Jalan Dr FL Tobing Sibolga, Kamis (23/4).

Dikatakan, 24 peserta mewakili Propinsi Sumut tersebut akan mengikuti Jambore Pemuda Indonesia (JPI) pada 1 Mei hingga 5 Mei 2009 mendatang di Propinsi Bengkulu. Selanjutnya, peserta mengikuti kegiatan Home Stay (tinggal sementara) di 3 (tiga) Propinsi, masing – masing Propinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan DKI Jakarta pada 5 Mei sampai 21 Juni 2009.

“Tujuan kegiatan BPAP ini sebenarnya, untuk membina generasi muda untuk mengerti tentang kebudayaan nusantara dan membina jaringan pemuda Indonesia untuk saling mengenal tentang kebudayaan nusantara serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia khususnya pemuda pemudi Indonesia,”ujarnya.

Menurutnya, kegiatan seleksi BPAP juga merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten/Kota Se-Propinsi Sumatera Utara, termasuk Pemko Sibolga yang dilaksanakan oleh Dinas Budparpora yang ditampung dalam APBD Kota Sibolga Tahun 2009.

“Pelaksanaan seleksi BPAP di Kota Sibolga dimulai dengan pembukaan pendaftaran dari 17 Maret hingga 19 Maret 2009 lalu dengan ketentuan Pemuda/Pemudi berusia antara 18 Tahun sampai 25 Tahun. Berkepribadian baik dan berakhlak, sehat jasmani dan rohani (tidak mempunyai akut/bawaan) dan mendapat izin/persetujuan dari orang tua yang bersangkutan. Dan selanjutnya dilaksanakan seleksi pada 23 Maret 2009 pukul 09.00 Wib sampai selesai di Kantor Dinas Budparpora Kota Sibolga keluar sebagai pemenang Andi Putra untuk Putra dan Murni Hayati Siregar untuk dari 13 (tiga belas) orang peserta yang mengikuti,”papar Marudut.

Dari dua orang perwakilan Kota Sibolga ke Tingkat Propinsi, imbuhnya, hanya satu yang masih lanjut ke Tingkat Nasional, yakni Andi Putra yang turut mewakili Propinsi Sumut bersama 24 peserta lainnya yang berasal dari sejumlah Kabupaten/Kota di Propinsi Sumut.

“Dari 13 peserta yang mengikuti seleksi BPAP di Tingkat Kota Sibolga terdiri dari 7 putra dan 6 putri yang berasal dari 7 Organisasi Kepemudaan. Dan sesuai hasil keputusan Dewan Juri menetapkan dua peserta Putra dan Putri untuk dikirimkan mengikuti seleksi BPAP Propinsi Sumut sesuai dengan kuota yang diminta oleh Panitia Propinsi Sumut. Dan kita patut berbangga dari dua perwakilan kota Sibolga masih ada satu orang yang turut mewakili Propinsi Sumut untuk ke Tingkat Nasional,”tukasnya.(dib)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga