4/27/2009

HNSI Harapkan DPRD Terpilih Utamakan Sektor Perikanan di Sibolga

Sibolga, (Ogek Dedy)

Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Sibolga mengharapkan para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Dareah (DPRD) terpilih yang berhasil duduk di Lembaga Legisatif Sibolga pasca Pemilu 9 April lalu supaya lebih mengutamakan sektor perikanan dalam hal pembangunan daerah, mengingat sektor ini berperan penting pada roda perekonomian masyarakat Kota Sibolga.

“HNSI sebagai organisasi independen berharap...
anggota DPRD Kota Sibolga yang terpilih betul - betul mengayomi dan memperhatikan nelayan yang berpatokan hidup pada laut,”ungkap Wakil Ketua HNSI Kota Sibolga, Y Nazara didampingi Humasnya, Milian Situmeang kepada Wartawan di Sibolga, Jum’at (24/4).

Menurutnya, sektor perikanan sangat mendominasi mata pencarian masyarakat Kota Sibolga, sehingga Anggota DPRD sebagai penyambung suara rakyat dapat lebih mengutamakan sektor nelayan dalam pengalokasian anggaran di APBD.

“Secara khusus bagi anggota dewan yang nantinya ditempatkan dikomisi yang membidangi sektor perikanan, diutamakan orang - orang yang mengerti dengan kebutuhan dan keinginan nelayan, sehingga segala aspirasi nelayan dapat ditampung dan direalisasikan,”ujar Nazara.

Dikatakan, sesuai UU RI No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan mengamanahkan adanya pelatihan kepada para nelayan untuk menangkap ikan dengan cara yang benar dan tidak merusak habita laut, karena selama ini kapal – kapal besar sering melakukan penangkapan ikan dengan cara-cara yang melanggar UU.

“Maka itu, bagi anggota DPRD yang terpilih dan komisi DPRD yang membidangi sektor perikanan harus mampu memperjuangkannya, sehingga pendapatan nelayan, khususnya kalangan nelayan tradional dapat lebih meningkat,”harap Nazara seraya menambahkan, dewan juga agar dapat memperjuangkan perumahan nelayan yang layak huni.(dib)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga