4/20/2009

Peringatan HUT ke-47 Satuan Linmas Berlangsung Hikmat

Sibolga, (Ogek Dedy)

Satuan Perlindungan Masyarakat merayakan Ulang Tahunnya yang ke-47. Jajaran Pemerintah Kota Sibolga memperingatinya secara hikmat dalam sebuah Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-47 yang digelar di Halaman Kantor Walikota Sibolga Jalan Dr. Sutomo No.26-A Sibolga, Senin (20/4).

HUT Satuan Linmas yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 19 April tersebut dipimpin oleh Wakil Walikota Sibolga, H. Afifi Lubis, SH sebagai Inspektur Upacara...
dan dihadiri oleh para unsur Muspida Kota Sibolga, Kepala SKPD se-Kota Sibolga beserta seluruh staf di Lingkungan Pemerintah Kota Sibolga. HUT Satuan Linmas kali ini mengambil tema “ Optimalisasi Peran Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Mendukung Penanganan Dan Pengamanan Pemilu 2009”.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), H. Mardiyanto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Walikota Sibolga mengatakan bahwa tema tersebut dipilih sejalan dengan tugas yang diemban oleh Satuan Linmas sesuai dengan amanat Undang-Undang No.10 Tahun 2008 yang intinya mengamanatkan kepada Satuan Linmas untuk melaksanakan pengamanan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2009.

Menurut Mendagri, Peringatan HUT kali ini memiliki arti penting setelah digelarnya Pemilu Legislatif pada 9 April 2009 dan dalam menyambut Pemilu Presiden dan Wakil Presiden mendatang yang mana membutuhkan peran satuan Perlindungan Masyarakat dalam mendukung terciptanya situasi yang kondusif diberbagai Daerah.

“Penyelenggaraan Peringatan Hari Ulang Tahun kali ini mempunyai arti penting mengingat saat ini kita sudah menyelenggarakan agenda Pemilihan Umum anggota DPR, DPD dan DPRD pada tanggal 09 April yang lalu, serta diikuti dengan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden yang membutuhkan peran satuan Perlindungan Masyarakat dalam mendukung terciptanya situasi yang kondusif di berbagai Daerah, sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilih dalam pemilihan presiden dan wakil presiden dengan baik,” ujar Mendagri.

Lebih Lanjut Mendagri berharap dengan lahirnya Peraturan Pemerintah No.41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, Satuan Linmas dapat menjadi sarana dalam pengembangan dan peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga Satuan Linmas nantinya dapat lebih meningkatkan peran dan kinerjanya serta dapat dirasakan keberadaannya oleh masyarakat.

Selain bertugas dalam pengamanan Pemilu di TPS, Satuan Linmas juga ikut serta melindungi dan menyelamatkan masyarakat dari bencana, kegiatan sosial kemasyarakatan dan turut serta membantu menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat. Untuk itu, “Satuan Linmas perlu dibekali pengetahuan dan kemampuan serta mempunyai kepekaan, kesiagaan dan antisipasi dalam menghadapi segala potensi dan indikasi timbulnya bencana dan gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat,” ujar Mendagri.

Terkait situasi menjelang Pemilihan Presiden dan wakil presiden yang memungkinkan meningkatnya suhu politik dan meningkatnya potensi gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat, Mendagri dalam menghimbaunya berharap agar seluruh anggota Satuan Linmas tidak terpengaruh isu-isu negatif yang dapat membawa pada perpecahan, dan guna meminimalisir meningkatnya suhu politik dan potensi gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat perlu dibentuk dan ditingkatkan peran Satuan Linmas di berbagai Lingkungan, yang penyelenggaraannya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing daerah yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah, baik Provinsi, Kabupaten/Kota, bahkan sampai ke tingkat Kecamatan, Desa/Kelurahan.(dib)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga