7/13/2009

36 Siswa/I Adu Tangkas Terampil Koperasi Tk SLTA Se- Wilayah I Propsu di Sibolga

Sibolga, (Ogek Dedy)

Untuk lebih memasyarakatkan peran koperasi sebagai sokoguru perekonomian nasional kepada generasi muda, Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga bekerjasama dengan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menyelenggarakan Lomba Tangkas Terampil Koperasi Tingkat SLTA se-Wilayah I Propinsi Sumatera Utara (Propsu di Aula Graha Aulia Bank Indonesia Cabang Sibolga, Senin (13/7).

Lomba tersebut diikuti oleh 36 orang siswa/I yang merupakan utusan dari 9 Kabupaten/Kota yakni Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Kabupaten Padang Lawas (Palas), Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Kota Sibolga, Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan (Nisel)....


Wakil Walikota (Wawako) Sibolga H Afifi Lubis melalui Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Sibolga, Marhala Manik pada pidatonya ketika akan membuka pelaksanaan lomba mengatakan bahwa guna mendukung program Pemerintah Republik Indonesia terhadap system ekonomi kerakyatan dengan tumpuan utama perekonomian kepada usaha – usaha yang bersifat Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM), dipandang perlu menghidupkan kembali peran koperasi sebagai pendorong utama kegiatan perekonomian masyarakat.

“Artinya, pengembangan koperasi diharapkan mampu memperluas basis ekonomi dan memberikan konstribusi yang signifikan dalam percepatan perubahan struktur ekonomi yaitu meningkatkan perekonomian dan ketahanan ekonomi di daerah,”katanya.

Menurutnya, Ilmu tentang Koperasi saat ini bukan hanya sebatas materi pelajaran semata, namun dibeberapa sekolah telah terbentuk koperasi dengan susunan kepengurusan yang berasal dari siswa – siswi sekolah itu sendiri.

“Selain melalui pola pembelajaran di sekolah, juga dilakukan upaya dengan acara lomba tangkas terampil koperasi. Karena melalui lomba tangkas tingkat SLTA ini sangat penting, setidaknya menjadi wahana untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan sikap kita dalam mengemban amanah pemberdayaan ekonomi kerakyatan,”pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Wawako berharap agar para peserta yang menjadi pemenang lomba dapat terus mengasah wawasan koperasi, sehingga mampu mengaflikasikan dalam kehidupan sehari – hari, serta dapat menjadi pemenang di wilayah pembangunan I Pantai Barat dan sekaligus menjadi duta untuk mengikuti lomba di tingkat Propsu di Medan.

Sebelumnya, ketua panitia penyelenggaran lomba tangkas terampil dari Dekopin Sibolga, Binsar Simatupang dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya lomba ini salah satunya adalah untuk mendorong semangat belajar para peserta dalam memperdalam ilmu tentang perkoperasian.

Adapun yang bertindak sebagai juri pada pelaksanaan lomba tersebut antara lain Asmin P Lubis dan M Rusli dari Dispora Propsu, Sahala Purba dari BKKBN Propsu dan Nurdin Z dari Dekopin Sibolga.(dib)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga