7/15/2009

Perairan Sibolga - Tapteng Rawan Pelanggaran Hukum

Sibolga, (Ogek Dedy)

Perairan Sibolga dan Tapanuli Tengah (Tapteng) yang merupakan wilayah terdepan sebelum memasuki wilayah perairan Barat Sumatera mengandung banyak kekayaan alam, baik berupa ribuan jenis ikan, terumbu karang, hasil pulau dan lain sebagainya.

“Namun hal tersebut menjadikan perairan Sibolga dan Tapteng menjadi sebuah kawasan yang rawan akan Illegal Fishing, Illegal Logging, Survey Illegal maupun pelanggaran wilayah laut oleh para kapal – kapal asing,” ungkap Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang, Laksamana Pertama TNI Syarif Husin pada acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga dari pejabat lama Letkol Laut (P) Antonius Yunianto Giarsiwi kepada pejabat baru, Letkol Laut (P) Tedjo Sukmono, di Lapangan Simare - mare Sibolga, Selasa (14/7)....

Menurutnya, kestrategisan ancaman kerawanan perairan Sibolga dan Tapteng tersebut mengakibatkan kerugian Negara yang sangat besar.

“Oleh karena itu, tidak ada pilihan lain bagi Lanal Sibolga kecuali meningkatkan intensitas patroli keamanan di laut wilayahnya serta melaksanakan proses penegakan hukum dengan sebaik - baiknya, tanpa pandang bulu. Siapapun yang melanggar harus ditindak tegas sesuai perundang - undangan yang berlaku,”tegas Syarif Husin.

Dikatakan, dengan dilaksanakannya pergantian kepemimpinan di Danlanal Sibolga, diharapkan akan mampu membawa ide - ide baru dan mampu menciptakan langkah - langkah kreatif dan inovatif dalam menjalankan roda organisasi Lanal Sibolga ke arah yang lebih maju.

Pada kesempatan itu, Laksamana Pertama Syarif Husain berpesan agar Danlanal Sibolga yang baru dilantik dapat bekerjasama dan berkoordinasi dengan pemerintah kota Sibolga dan Kabupaten Tapteng, pihak TNI/Polri maupun instansi lainnya.

“Kepada Danlanal Sibolga yang baru, agar dapat meningkatkan intensitas koordinasi dengan pemerintah kedua daerah disini beserta seluruh unsur dan instansi yang ada, baik dari TNI/Polri, pihak BUMN, BUMD maupun masyarakat luas,”pintanya.

Berdasarkan Informasi yang berhasil dihimpun Ogek Dedy, bahwa Pejabat Danlanal Sibolga lama, Letkol Laut (P) Antonius Yunianto Giarsiwi dipromosikan menjadi Komandan Satuan Kapal Ranjau (Dansatran) Armada Barat (Armabar) di Tanjung Uban.

Hadir pada Sertijab tersebut, Bupati Tapteng, Tuani Lumban Tobing, Wakil Walikota Sibolga, H Afifi Lubis, unsur Muspida Plus Sibolga - Tapteng, pimpinan instansi BUMN dan BUMD, para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan alim ulama serta undangan lainnya.(dib/tm)

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Sibolga